Baca Juga :
Pembaca yang budiman, dalam mesin penggerak kenapa di perlukan pendingin? jawabanya snagat simpel,..!! tentu saja karena adanya panas, naah perlu di ketahui bahwa pada sepeda motor perpindahan panas pada dinding silinder terjadi ketika
proses pembakaran, akhir kompressi, selama ekspansi dan langkah pembuangan.
Pada langkah pengisian dan awal langkah kompressi sebagian panas dikembalikan
ke gas yang baru masuk sampai suhunya mencapai keseimbangan.
Seperti halnya pada tubuh manusia bila suhu badan naik, maka
bagian-bagian tubuh akan merasa sakit atau perasaan yang kurang menyenangkan,
sehingga mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut,
maka setiap manusia membutuhkan suatu proses pendinginan agar dapat
mempertahankan suhu yang normal.
APA ITU SISTEM PENDINGIN ?
Pendingin pada sepeda motor ini biasa kita kenal dengan coolant.
Coolant adalah salah satu komponen penting di dalam sistem
pendinginan karena ia merupakan media pendingin yang dapat membawa panas dari
dalam mesin menuju radiator.
Air pendingin mesin (coolant) ini terdiri dari air tawar
dicampur zat additive seperti zat anti beku (antifreeze) dan condisioner.
Ketiga bagian ini mempunyai fungsi masing-masing untuk dapat mengamankan mesin
terhadap overheating, membeku dan berkarat.
1. Sistem Pendingin Sepeda Motor menggunakan Udara (Air
Cooling System)
Sistem pendingin pada motor ini bekerja dengan mengarahkan
aliran udara dingin ke sirip pendingin yang terdapat pada mesin ketika motor
berjalan. Air cooling system ini dilakukan dengan memanfaatkan udara yang masuk
lewat celah mesin.
2. Sistem Pendingin dengan Udara Bertekanan (Forced Air
Cooling System)
Sistem pendingin pada motor ini menggunakan forced air atau
udara bertekanan. Forced air sendiri didapatkan dari kipas yang terpasang pada
mesin yang dihubungkan ke poros engkol. Jadi, kipas akan berputar ketika mesin
bekerja. Forced air yang dihasilkan oleh kipas ini akan dialirkan ke silinder
dan kepada silinder yang membuat pendingin ini lebih efektif digunakan pada
motor.
3. Jenis Sistem Pendingin Sepeda Motor Air atau Cairan
(Water Cooling System)
Sistem pendingin cairan umumnya memanfaatkan radiator
coolant yang juga digunakan pada mobil. Namun pada motor, sistem pendingin ini
lebih simpel dan sederhana cara kerjanya.
4. Sistem Pendingin Oli (Oil Cooling System)
Fungsi sistem pendingin oli ini bisa mengatasi keadaan mesin
motor terlalu panas dengan menggunakan oli mesin pada motor. Selain itu, fungsi
lain dari pendingin oli adalah untuk mengalirkan oli mesin ke beberapa bagian
mesin yang berguna sebagai pelumas. Cara kerjanya seperti halnya pada sistem
pelumasan.
Adapun Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Pendinginan Mesin Sepeda
Motor
Baik sistem pendinginan udara maupun sistem pendinginan
cairan mempunyai kelebihan dan kekurangan.
- Tidak perlu disediakan secara khusus
- Tidak perlu komponen tambahan seperti radiator dan thermostaat
- Mudah perawatannya
- Tahan lama
Kekurangan sistem pendinginan udara:
- Kurang dapat mengendalikan panas
- Pada kondisi jalan mendaki pendinginan kurang
Kelebihan sistem pendinginan cairan:
- Dapat mengendalian panas dengan baik
- Pendinginan lebih efektif
- Dapat mengurangi kebisingan suara mesin
Kekurangan sistem pendinginan cairan:
- Bobot mesin bertambah
- Perlu komponen tambahan
- Perawatan lebih rumit
Pembaca yang budiman, Demikian pembahasan Materi Perawatan dan Perbaikan Sistem Pendingin semoga bermanfaat dan menambah
pengetahuan kalian, terima kasih sudah mampir. Jika ingin bertanya silahkan
komentar dibawah ya,..
KESIMPULAN :
Dari uraian di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa pada mesin motor, sistem pendingin sendiri sangatlah penting. Hasilnya, motor akan terhindar dari keadaan terlalu panas yang bisa merusak mesin motor. Penggunaan sistem pendingin ini sendiri disesuaikan dengan jenis motor dan tujuan penggunaannya.
Lalu apakah bisa menggunakan dua jenis atau lebih sistem
pendingin motor? Tentu saja bisa bahkan Yamaha sudah mengaplikasikannya ke
beberapa motornya dengan memasang pendingin cairan dan kipas sebagai sistem
pendingin udara bertekanan.