MATERI PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN AIR SEPEDA MOTOR - BLOG PELAJAR NUSANTARA -->

    Social Items

MATERI PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN AIR SEPEDA MOTOR


Materi Pemeliharaan Mesin Kelas XII
PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN AIR


Baca Juga :


Pembaca yang budiman, dalam mesin penggerak kenapa di perlukan pendingin? jawabanya snagat simpel,..!! tentu saja karena adanya panas, naah perlu di ketahui bahwa pada sepeda motor perpindahan panas pada dinding silinder terjadi ketika proses pembakaran, akhir kompressi, selama ekspansi dan langkah pembuangan. Pada langkah pengisian dan awal langkah kompressi sebagian panas dikembalikan ke gas yang baru masuk sampai suhunya mencapai keseimbangan.


Seperti halnya pada tubuh manusia bila suhu badan naik, maka bagian-bagian tubuh akan merasa sakit atau perasaan yang kurang menyenangkan, sehingga mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut, maka setiap manusia membutuhkan suatu proses pendinginan agar dapat mempertahankan suhu yang normal.


APA ITU SISTEM PENDINGIN ?

Pada dasar nya sistem pendingin itu untuk menjaga kesetabilan mesin penggerak pada motor sehingga tidak mengakibatkan panas yang berlebih. Motor bakar berfungsi mengubah energi panas yang terkandung dalam bahan bakar menjadi tenaga gerak. Dari panas yang dihasilkan ini kira-kira 25% digunakan sebagai tenaga penggerak, kira-kira 45% hilang terbawa gas buang dan hilang akibat gesekan, sedangkan sisanya 30% diserap oleh bagian-bagian motor itu sendiri.


Panas yang diserap ini harus segera dibuang untuk menghindari panas yang berlebihan (over heating) yang dapat mengakibatkan mesin menajdi rusak. Jadi sistem pendingin diperlukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu untuk mengurangi panas di serap oleh bagian-bagian motor sehingga tidak mengakibatkan kerusakan pada motor.

Selain itu sistem pendingin juga berfungsi untuk mengatur temperatur kerja motor supaya tetap, sebab motor yang terlalu dingin akan mengakibatkan boros pemakaian bahan bakar bensin.

Pendingin pada sepeda motor ini biasa kita kenal dengan coolant.

Coolant adalah salah satu komponen penting di dalam sistem pendinginan karena ia merupakan media pendingin yang dapat membawa panas dari dalam mesin menuju radiator.


Air pendingin mesin (coolant) ini terdiri dari air tawar dicampur zat additive seperti zat anti beku (antifreeze) dan condisioner. Ketiga bagian ini mempunyai fungsi masing-masing untuk dapat mengamankan mesin terhadap overheating, membeku dan berkarat.


FUNGSI Dan Jenis Pendingin Sepeda Motor

1. Sistem Pendingin Sepeda Motor menggunakan Udara (Air Cooling System)

Sistem pendingin pada motor ini bekerja dengan mengarahkan aliran udara dingin ke sirip pendingin yang terdapat pada mesin ketika motor berjalan. Air cooling system ini dilakukan dengan memanfaatkan udara yang masuk lewat celah mesin.


2. Sistem Pendingin dengan Udara Bertekanan (Forced Air Cooling System)

Sistem pendingin pada motor ini menggunakan forced air atau udara bertekanan. Forced air sendiri didapatkan dari kipas yang terpasang pada mesin yang dihubungkan ke poros engkol. Jadi, kipas akan berputar ketika mesin bekerja. Forced air yang dihasilkan oleh kipas ini akan dialirkan ke silinder dan kepada silinder yang membuat pendingin ini lebih efektif digunakan pada motor.


3. Jenis Sistem Pendingin Sepeda Motor Air atau Cairan (Water Cooling System)

Sistem pendingin cairan umumnya memanfaatkan radiator coolant yang juga digunakan pada mobil. Namun pada motor, sistem pendingin ini lebih simpel dan sederhana cara kerjanya.


4. Sistem Pendingin Oli (Oil Cooling System)

Fungsi sistem pendingin oli ini bisa mengatasi keadaan mesin motor terlalu panas dengan menggunakan oli mesin pada motor. Selain itu, fungsi lain dari pendingin oli adalah untuk mengalirkan oli mesin ke beberapa bagian mesin yang berguna sebagai pelumas. Cara kerjanya seperti halnya pada sistem pelumasan.


Adapun Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Pendinginan Mesin Sepeda Motor

Baik sistem pendinginan udara maupun sistem pendinginan cairan mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan sistem pendinginan udara:
  • Tidak perlu disediakan secara khusus
  • Tidak perlu komponen tambahan seperti radiator dan thermostaat
  • Mudah perawatannya
  • Tahan lama

Kekurangan sistem pendinginan udara:
  • Kurang dapat mengendalikan panas
  • Pada kondisi jalan mendaki pendinginan kurang

Kelebihan sistem pendinginan cairan:
  • Dapat mengendalian panas dengan baik
  • Pendinginan lebih efektif
  • Dapat mengurangi kebisingan suara mesin

Kekurangan sistem pendinginan cairan:
  • Bobot mesin bertambah
  • Perlu komponen tambahan
  • Perawatan lebih rumit

Pembaca yang budiman, Demikian pembahasan Materi Perawatan dan Perbaikan Sistem Pendingin semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian, terima kasih sudah mampir. Jika ingin bertanya silahkan komentar dibawah ya,..

Ooh ya,..saya juga menyediakan file lengkapnya dalam bentuk word yang bisa anda downlod di bawah ini. selamat membaca semoga bermanfaat...



KESIMPULAN :

Dari uraian di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa pada mesin motor, sistem pendingin sendiri sangatlah penting. Hasilnya, motor akan terhindar dari keadaan terlalu panas yang bisa merusak mesin motor. Penggunaan sistem pendingin ini sendiri disesuaikan dengan jenis motor dan tujuan penggunaannya.

Lalu apakah bisa menggunakan dua jenis atau lebih sistem pendingin motor? Tentu saja bisa bahkan Yamaha sudah mengaplikasikannya ke beberapa motornya dengan memasang pendingin cairan dan kipas sebagai sistem pendingin udara bertekanan.

Rekomendasi

Load Comments

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo