KEPALA SILINDER
Berbicara tentang Kepala silinder sebenarnya secara tidak langsung pembahasnaya mengarah juga pada blok silinder yang sudah saya bahas sebelumnya di post materi awal. selanjutnya karena Kepala silinder merupakan tempat mekanisme katup dan bertumpunya dudukan busi pada motor empat langkah. Sedangkan untuk motor dua langkah, bagian kepala silinder juga merupakan penutup lubang silinder pada bagian blok silinder.
Nah, disinilah terjadinya proses pembakaran tentunya sangat bergantung pada mekanisme dan kinerja mesin itu sendiri.
Mari Kita Bahas Apa itu Kepala Silinder,..?
Kepala Silinder adalah salah satu bagian penting pada komponen mesin sepeda motor yang juga merupakan penutup blok silinder. Perlu diketahui bahwa komponen yang satu ini umumnya terbuat dari besi tuang agar mampu menahan tekenan dan temperatur yang tinggi ketika engine bekerja. Namun seiring berjalannya waktu dengan teknologi yang semakin berkembang, aluminium menjadi salah satu paduan dalam pembuatan Cylinder Head.
Baca Juga :
Sebab dibandingkan bahan besi tuang, kemampuan Sistem Pendinginan yang dimiliki oleh bahan aluminium jauh lebih besar.
Kepala silinder
(sering disingkat secara informal hanya kepala) berada di atas silinder di atas
blok silinder. Itu menutup di bagian atas silinder, membentuk ruang bakar.
Sambungan ini disegel oleh paking kepala. Pada kebanyakan mesin, head juga
menyediakan ruang untuk saluran yang mengalirkan udara dan bahan bakar ke
silinder, dan yang memungkinkan knalpot keluar. Kepala juga bisa menjadi tempat
memasang katup, busi, dan injeksi bahan bakar. (Lebih lengkap nya lihat wikipedia Kepala silinder.)
Head cylinder adalah komponen penutup blok silinder yang bertugas menutup rongga silinder, dimana ruang yang ditutup tersebut adalah ruang pembakaran. Sistem Bahan Bakar Injeksi Sehingga, dengan adanya penutup ini maka pembakaran bisa terjadi.
Apabila blok silinder disebut sebagai base engine part atau komponen basic mesin, maka kepala silinder disebut second base karena komponen ini juga menjadi basis beberapa komponen yang ada pada mesin bagian atas.
Dalam mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) terjadi konversi energi dari panas ke gerak melalui proses pembakaran. Pembakaran ini terjadi didalam mesin, tepatnya diatas piston. Sementara piston bekerja didalam blok silinder.
Agar pembakaran dapat terjadi maka sisi permukaan atas blok silinder perlu ditutup. Dan yang bertugas sebagai penutup ini adalah kepala silinder.
Dalam Materi ini penulis akan bahas step by step seperti,..
Beberapa fungsi kepala silinder ? Bagaimana Cara Kerja Kepala Silinder ? Apa Saja Komponen Didalam Kepala Silinder? Sampai pada bagaimana cara pemeriksaan, perbaikan dan perawatan ?
namun untuk kemudahan pembaca yang budiman, penulis menyediakan file word nya supaya lebih praktis.
Silahkan Baca lebih detail Materi Kepala Silinder melalui file di bawah ini,...
KESIMPULAN :
Berdasarkan Materi di atas penulis menyimpulkan bahwa Kepala
silinder dan blok slinder merupakan komponen utama yang besar pengaruhnya
terhadap kinerja mesin. Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok
silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar
tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala
silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak. Silinder liner
dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah
motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Permasalahan disini adalah tebal tipisnya gasket sangat berpengaruh terhadap
kompresi mesin, kususnya pada ruang bakar karena kalau terjadi kebocoran
sedikit saja maka peforma mesin akan turun. Bertolak dari masalah tersebut
seberapa besar pengaruh gasket terhadap kinerja mesin