MATERI BLOK SILINDER dan KELENGKAPANYA (Teknik Sepeda Motor) - BLOG PELAJAR NUSANTARA -->

    Social Items

imam-pendidikan.blogspot.com
MATERI KELAS XII PEMELIHARAAN MESIN

Blok Silinder dan Kelengkapanya

Berbicara tentang Materi Blok Silinder sebenarnya secara tidak langsung pembahasnaya mengarah juga pada Materi Kepala Silinder yang sudah saya jelaskan sebelumnya di post materi awal

Sedikit penulis jelaskan dulu apa yang disebut dengan Silinder?

Silinder adalah lubang tempat piston bekerja, pada silinder ini terdapat lapisan khusus yang dibuat dari bahan yang berbeda dengan blok silinder, lapisan khusus ini disebut dengan cylinder lyner, Cylinder lyner dibuat lebih halus untuk mengurangi gesekan antara piston dengan dinding silinder, namun tidak dibuat sehalus mungkin juga karena akan membuat oli tidak dapat menempel.


Baca Juga :


Sedangkan Blok silinder terdiri dari beberapa silinder yang menjadi tempat untuk piston naik turun guna menghasilkan tenaga melalui proses pembakaran didalamnya.Pada bagian atas blok silinder dipasangkan kepala silinder yang diberi perpak (gasket) sebagai perapat. Kepala silinder ini dibautkan dengan blok silinder.

Sementara pada bagian bawah, blok silinder menjadi dudukan dan rumah bagi mekanisme engkol yang kemudian ditutup dengan oil pan (bak oli).

Menurut Wikipedia, Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase).

Bentuk sederhana blok silinder lihat gambar di bawah ini.

imam-pendidikan.blogspot.com

Pada bagian sisi depan blok silinder, terdapat gear poros engkol yang dihubungkan dengan gear cam shaft, tujuannya adalah untuk menggerakkan cam shaftyang dibutuhkan pada mekanisme katup. Metode menghubungkan crank shaft dan cam shaft ini ada beberapa macam seperti langsung, dengan timing chain dan timing belt.

Sementara pada bagian belakang blok silinder, menjadi dudukan bagi  fly wheel/roda penerus. Pada sisi samping kanan dan kiri, blok silinder menjadi dudukan dari kelengkapan mesin seperti dudukan bagi motor starter, alternator, dll.

Jadi, fungsi blok silinder adalah :

  1. Tempat silinder-silinder yang merupakan tempat piston naik turun untuk melakukan kerjanya
  2. Sebagai dudukan dari kepala silinder
  3. Sebagai dudukan dari poros engkol, atau sebagai rumah dari mekanisme engkol (poros engkol, connecting rod, piston dll).
  4. Pada tipe OHV, sebagai rumah dari poros nok (cam shaft).
  5. Sebagai dudukan fly wheel.
  6. Terdapat water jacket yang berguna sebagai saluran air untuk mendinginkan komponen mesin.
  7. Sebagai dudukan dari komponen-komponen lainnya seperti distributor,motor stater, kalter, dll.

Selain fungsi di atas ada juga bagian bagian blok silinder, yaitu

  1. Silinder
  2. Water Jacket pada Blok Silinder
  3. Saluran Minyak pada Blok Silinder
  4. Crankcase
  5. Engine Mounting

Pada bagian-bagian blok silinder di atas penjelasanya akan penulis bagikan dalam file word, agar pembaca yang budiman dapat lebih khusu dan detil dalam memahami materi ini.
Ada juga Macam-Macam Silinder, Tipe nya, juga Bahan Dasar Blok Silinder itu sendiri yang ada di file di bawah ini.
Naah silahkan baca atau donlot Materi Blok Silinder dan Kelengkapanya di bawah ini,,

KESIMPULAN :
Pada uraian di atas penulis menyimpulkan bahwa Blok Silinder ini memiliki perbedaan pada mesin 2 tak dan mesin 4 tak.

Silinder blok motor 2 tak berbeda bentuknya dengan motor 4 tak dimana untuk motor 2 tak bentuk silinder antar titik mati atas dan titik mati bawah terdapat lubang atau saluran gas buang dan gas baru dan saluran bilas.

MATERI BLOK SILINDER dan KELENGKAPANYA (Teknik Sepeda Motor)

imam-pendidikan.blogspot.com
MATERI KELAS XII PEMELIHARAAN MESIN

Blok Silinder dan Kelengkapanya

Berbicara tentang Materi Blok Silinder sebenarnya secara tidak langsung pembahasnaya mengarah juga pada Materi Kepala Silinder yang sudah saya jelaskan sebelumnya di post materi awal

Sedikit penulis jelaskan dulu apa yang disebut dengan Silinder?

Silinder adalah lubang tempat piston bekerja, pada silinder ini terdapat lapisan khusus yang dibuat dari bahan yang berbeda dengan blok silinder, lapisan khusus ini disebut dengan cylinder lyner, Cylinder lyner dibuat lebih halus untuk mengurangi gesekan antara piston dengan dinding silinder, namun tidak dibuat sehalus mungkin juga karena akan membuat oli tidak dapat menempel.


Baca Juga :


Sedangkan Blok silinder terdiri dari beberapa silinder yang menjadi tempat untuk piston naik turun guna menghasilkan tenaga melalui proses pembakaran didalamnya.Pada bagian atas blok silinder dipasangkan kepala silinder yang diberi perpak (gasket) sebagai perapat. Kepala silinder ini dibautkan dengan blok silinder.

Sementara pada bagian bawah, blok silinder menjadi dudukan dan rumah bagi mekanisme engkol yang kemudian ditutup dengan oil pan (bak oli).

Menurut Wikipedia, Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase).

Bentuk sederhana blok silinder lihat gambar di bawah ini.

imam-pendidikan.blogspot.com

Pada bagian sisi depan blok silinder, terdapat gear poros engkol yang dihubungkan dengan gear cam shaft, tujuannya adalah untuk menggerakkan cam shaftyang dibutuhkan pada mekanisme katup. Metode menghubungkan crank shaft dan cam shaft ini ada beberapa macam seperti langsung, dengan timing chain dan timing belt.

Sementara pada bagian belakang blok silinder, menjadi dudukan bagi  fly wheel/roda penerus. Pada sisi samping kanan dan kiri, blok silinder menjadi dudukan dari kelengkapan mesin seperti dudukan bagi motor starter, alternator, dll.

Jadi, fungsi blok silinder adalah :

  1. Tempat silinder-silinder yang merupakan tempat piston naik turun untuk melakukan kerjanya
  2. Sebagai dudukan dari kepala silinder
  3. Sebagai dudukan dari poros engkol, atau sebagai rumah dari mekanisme engkol (poros engkol, connecting rod, piston dll).
  4. Pada tipe OHV, sebagai rumah dari poros nok (cam shaft).
  5. Sebagai dudukan fly wheel.
  6. Terdapat water jacket yang berguna sebagai saluran air untuk mendinginkan komponen mesin.
  7. Sebagai dudukan dari komponen-komponen lainnya seperti distributor,motor stater, kalter, dll.

Selain fungsi di atas ada juga bagian bagian blok silinder, yaitu

  1. Silinder
  2. Water Jacket pada Blok Silinder
  3. Saluran Minyak pada Blok Silinder
  4. Crankcase
  5. Engine Mounting

Pada bagian-bagian blok silinder di atas penjelasanya akan penulis bagikan dalam file word, agar pembaca yang budiman dapat lebih khusu dan detil dalam memahami materi ini.
Ada juga Macam-Macam Silinder, Tipe nya, juga Bahan Dasar Blok Silinder itu sendiri yang ada di file di bawah ini.
Naah silahkan baca atau donlot Materi Blok Silinder dan Kelengkapanya di bawah ini,,

KESIMPULAN :
Pada uraian di atas penulis menyimpulkan bahwa Blok Silinder ini memiliki perbedaan pada mesin 2 tak dan mesin 4 tak.

Silinder blok motor 2 tak berbeda bentuknya dengan motor 4 tak dimana untuk motor 2 tak bentuk silinder antar titik mati atas dan titik mati bawah terdapat lubang atau saluran gas buang dan gas baru dan saluran bilas.

Load Comments

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo