MATERI SISTEM HIDROLIK (Teknik Sepeda Motor) - BLOG PELAJAR NUSANTARA -->

    Social Items

MATERI SISTEM HIDROLIK (Teknik Sepeda Motor)

MATERI KELAS XII PEMELIHARAAN SASIS

Di era serba medern sekarang ini kendaraan merupakan sarana transportasi yang sangat vital dibutuhkan dalam kehidupan manusia baik dikota maupun dipedesaan, dari anak-anak sampai yang tua. Mekanisme sebuah kendaraan baik roda dua maupun roda empat dilengkapi oleh sistem rem yang berfungsi untuk mengatur lajunya kendaraan sesuai dengan yang diinginkan oleh pengemudi. 

Sistem rem ini bekerja melalui mekanisme gesekan antara tromol dan kanvas yang dihubungkan dengan roda yang berputar.


Sebelum kita masuk ke materi penulis sedikit mengingatkan kembali tentang fungsi, serta komponen rem itu sendiri supaya pembaca lebih paham.  


Baca Juga :


SISTEM REM

Rem yaitu suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan laju gerakan roda. secara otomatis gerak kendaraan menjadi pelan. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan.


rem yang kita ketahui dan sangat akrab dalam berkendara yaitu rem tangan dan rem kaki. dalam dunia automotif sebenarnya ada banyak tipe dan macam rem.


Sistem rem pada kendaraan merupakan suatu peranti penting keamanan dalam berkendara, tidak berfungsinya rem dapat menimbulkan bahaya dan keamanan berkendara jadi terganggu, 


Adapun fungsi dari sistem rem itu sendiri adalah :

1. Untuk memperlambat kecepatan atau menghentikan gerakan roda kendaraan.

2. Mengatur kecepatan selama berkendara.

3. Untuk menahan kendaraan saat parkir dan berhenti pada jalan yang menurun atau menanjak.


Komponen utama dalam sistem rem terdiri dari :

– Pedal rem atau tuas rem. Penguat (booster).

– Silinder master (master cylinder).

– Saluran pengereman atau kabel (lines).


Sistem Rem sendiri di bagi menjadi tiga jenis yaitu :

1. Sistem Rem Mekanik

2. Sistem Rem Hidrolik

3. Sistem Rem Pneumatic


Naahh,... pada kesempatan kali ini yang akan kita membahas sesuai dengan judul pada atrikel kali ini yaitu Sistem Rem Hidrolik

imam-pendidikan.blogspot.com


Sesuai namanya rem hydraulic/hidrolik merupakan sistem penyalur rem yang menggunakan cairan (Hydro). Cairan yang digunakan adalah sejenis fluida yang memiliki ketahanan tinggi. Sistem pengereman hidrolik bekerja berdasarkan hukum pascal yang berbunyi


Tekanan yang diberikan pada zat cair didalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar dan sama rata.


Komponen rem hidrolik beserta fungsinya

Dalam menjalankan tugasnya, sistem hydraulic brakes didukung oleh beberapa komponen utama antara lain;

1. Master silinder

Master silinder terletak setelah pedal rem, fungsinya untuk mengubah gerakan ayunan pedal rem menjadi tekanan hidrolik. Master silinder pada sistem hidrolik ini berhubungan dengan komponen reservoir. 

2. Brake Lines

Brake lines berupa selang-selang yang menghubungkan antar komponen pada sistem rem hidrolik. 

3. Silinder Roda

Silinder oda adalah komponen yang berfungsi untuk mengubah kembali tekanan fluida menjadi gerakan mekanis. 

 4. Aktuator rem,

Aktuator adalah komponen yang berfungsi untuk mengeksekusi perintah atau sebuah fungsi yang sebelumnya telah diaktifkan oleh pengguna kendaraan. 

 

Cara Kerja Sistem Rem Hidrolik Pada Motor

Rem hidrolis berbeda dengan cara kerja rem mekanik yang masih menggunakan kawat. Sehingga model pedal rem pada rem hidraulik juga berbeda.


Sistem kerja rem hidrolis dimulai ketika pengguna menginjak pedal rem. Tuas pada pedal rem terhubung langsung dengan piston didalam master silinder, sehingga saat pedal rem ditekan tuas rem akan mendorong  piston pada master silinder. karena piston terdorong, menyebabkan ruang didepan piston mengecil. Selain itu, dorongan itu juga menyebabkan saluran reservoir tertutup.


Karena fluida rem tidak memiliki sifat kompresi, maka fluida didepan piston akan terdorong keluar menuju saluran utama. Melalui brake lines, kemudian tekanan tersebut akan diteruskan ke semua aktuator pengereman dengan besar yang sama.

 

Itulah sedikit informasi yang bisa saya berikan, selanjutnya mengenai Tipe rem, Keuntungan dan Kekurang penggunaan rem hidrolik silahkan baca file nya di bawah.


Untuk lebih lengkapnya penulis memberikan file word agar lebih khidmat dalam membaca,...

Silahkan Baca lebih lengkap file Materi Sistem Rem Hidrolik di bawah ini,..


KESIMPULAN :
Dari uraian di atas penulis menyimpulkan bahwa Sistem hidraulik rem akan terganggu saat terdapat udara didalam sistem, karena udara memiliki sifat kompresi. Untuk itu pastikan kondisi minyak rem didalam reservoir cukup untuk meminimalkan terjadinya masuk angin.

Rekomendasi

Load Comments

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo